Kategori
Sales & Marketing

Ide Promo Penarik Pelanggan untuk Usaha Kulinermu

Siapa yang nggak suka promo? Ya, promo menjadi senjata para pengusaha kuliner untuk memperkenalkan produknya. Pelanggan cenderung melihat promo yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli. Promo yang unik dapat menjadi daya tarik tersendiri agar pelanggan senang. Berikut adalah ide promo yang banyak digunakan dan dapat kamu terapkan di usaha kuliner

Promo Buy 1 Get 1

Promo beli 1 gratis 1 ini adalah promo yang paling umum dan sering kita lihat, namun sangatlah efektif. Promo ini memberikan kesan membeli produk dengan setengah harga. Biasanya kita melihat promo ini saat pembukaan outlet baru

Promo Pada Jam tertentu

Promo ini efektif jika kalian ingin membuat kesan ramai pada outlet Anda. Seperti contoh promo Anda akan berlangsung dari jam 2 hingga jam 4 sore, maka pada saat ini para pelanggan akan berburu mengambil promo dan dapat menjadi pusat perhatian para pengguna jalan

Promo Diskon bundling

Promo Diskon ini dapat mendorong konsumen membeli dengan volume lebih tinggi. Promo ini juga dapat menjadi trik untuk pelanggan mengajak temannya untuk membeli atau istilahnya patungan

Promo Diskon Hari Besar

Pengusaha kuliner biasa memanfaatkan momen penting untuk melakukan promo. Kita dapat ambil contoh pada memperingati hari pahlawan di tanggal 10 November, atau pada momen dimana pemilu dilakukan. Di tanggal tersebutlah para pengusaha kuliner memainkan promo.

Promo Ulang Tahun

Promo ini sangatlah eksklusif. Pelanggan dapat mengambil promo ini dengan syarat menunjukkan kartu identitas seperti KTP atau Kartu Pelajar dan mencocokkan tanggal lahir mereka dengan hari ini. Promo ini juga dilakukan pengusaha kuliner untuk memberikan perhatian lebih ke pelanggannya, karena pepatah mengatakan pelanggan adalah raja.

Diskon Nama Pelanggan

Nah ini promo yang sangat jarang namun pernah digunakan oleh brand besar seperti Wingstop. Pengusaha kuliner sebelumnya sudah menyiapkan beberapa nama untuk dijadikan bahan promo. Kemudian promo jenis ini akan berlaku jika nama pelanggan mengandung kata yang sudah disiapkan oleh pengusaha kuliner. Contohnya promo akan berlaku jika nama kamu ‘Nova’ atau ‘Febri’.

Promo Diskon Khusus Member

Promo ini ditujukan untuk pelanggan loyal atau pelanggan yang sering kembali. Biasanya untuk menjadi member, pelanggan diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya registrasi untuk mendapatkan diskon khusus dan memiliki masa waktu. Ada juga beberapa brand yang menawarkan membership gratis. Seperti contoh Fore Coffee yang memberikan diskon khusus pelanggannya jika mendaftar dan memesan melalui aplikasi miliknya.

Promo Ajakan

Tidak semua pengusaha kuliner dapat menerapkan promo ini. Promo ini berlaku biasanya dalam bentuk voucher. Jika pelanggan merekomendasikan suatu kuliner ke temannya, maka pelanggan tersebut mendapat voucher. Hal ini diterapkan oleh Kopi Kenangan pada aplikasi mobile-nya.

Promo Tag Teman di Media Sosial

Promo jenis digital ini sangat populer dan mudah diterapkan. Pengusaha kuliner dapat memberikan syarat pengambilan promo yang mengharuskan pelanggan posting foto makanan/minuman di instagram pribadinya dan tag akun media sosial temannya. Promo ini juga dapat menjadi trik marketing tanpa mengeluarkan biaya.

Nah ada banyak ide promo yang bisa digunakan, tinggal kalian pengusaha kuliner memilih ingin menjalankan promo apa, dimana dan kapan ya. Kalo kalian lebih suka pasang promo yang mana nih? Share juga artikel ini ke teman pengusaha kuliner lainnya agar bermanfaat untuk mereka juga.

Oleh Singgih Suryo P

Coffee Shop Business Owner, Software Developer, Digital Marketer, Traveller

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s