Kategori
Sales & Marketing Tips

Laris Manis! Inilah Tips Bisnis Kuliner Online untuk Anda

Bisnis kuliner online semakin diminati karena memberikan lebih banyak keuntungan, dibanding bisnis yang dijalankan secara offline. Salah satu keuntungannya adalah tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat. Namun, Anda harus memiliki strategi khusus, agar jualan laris manis dan mendapatkan banyak pelanggan. Berikut tips bisnis kuliner secara kuliner untuk Anda.

Sering-sering Melakukan Promosi

Promosi menjadi bagian penting dalam setiap bisnis online, terutama kuliner. Tanpa adanya promosi, bagaimana orang-orang bisa mengetahui makanan atau minuman yang kita jual? Tidak adanya outlet atau tempat berjualan membuat Anda harus lebih giat dalam melakukan promosi, meskipun itu hanya promosi dari mulut ke mulut.

Pada dasarnya, ada metode promosi secara gratis dan berbayar. Tidak ada salahnya jika Anda memilih keduanya agar lebih maksimal. Anda bisa memanfaatkan media sosial pribadi atau membuat media sosial khusus untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi berbayar di media sosial, agar bisnis kuliner online Anda terlihat lebih terpercaya.

Rutin Melakukan Endorsement

Sekarang ini, keberadaan influencer atau selebgram sangat berpengaruh terhadap penjualan. Seorang influencer atau selebgram, mereka memiliki followers yang jumlahnya sudah banyak. Pilihlah influencer atau selebgram dengan kredibilitas yang bagus. Hal ini tidak terlihat dari komentar pada setiap postingan-nya. Sesuaikan juga dengan target pasar yang Anda tuju.

Misalnya, Anda mempromosikan kuliner kekinian, maka pilihlah influencer atau selebgram yang masih muda. Untuk bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram ini, tentu saja Anda harus merogoh kocek, mulai dari yang terjangkau hingga cukup mahal. Jangan ragu untuk bertanya masalah bayaran di awal, agar tidak terjadi masalah nantinya.

Coba Ikut Bazar atau Festival

Jika di tempat Anda sering diadakan bazar atau festival khusus makanan, jangan ragu untuk mengikutinya. Cara ini bisa berguna untuk mempromosikan kuliner yang Anda jual. Biasanya, banyak orang yang akan hadir pada bazar atau festival tersebut dan Anda bisa memanfaatkan momen tersebut, untuk memperkenalkan makanan atau minuman yang Anda jual.

Namun, Anda juga harus memperhitungkan biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk bisa menjadi salah satu bagian dari bazar atau festival tersebut, maka dikenakan biaya registrasi. Jika memang Anda memiliki modal untuk itu, maka bazar atau festival bisa menjadi langkah yang cerdas untuk mengembangkan bisnis kuliner online Anda.

Aktif di Media Sosial

Bisnis online memang tidak memiliki outlet atau tempat berjualan secara offline, tapi Anda bisa menjadikan media sosial sebagai lapak Anda untuk berjualan. Selain murah, Anda juga bisa mendapatkan target pasar yang lebih luas. Anda bisa membuatkan media sosial khusus untuk bisnis kuliner Anda, seperti instagram, facebook atau media sosial lainnya.

Setelah memiliki media sosial, Anda juga harus aktif menjalankan media sosial tersebut, agar nantinya mendapatkan lebih banyak minat dari pembeli. Paling tidak setiap hari Anda harus melakukan update atau posting sesuatu, seperti diskon, promo, menu terbaru, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memposting konten yang berkaitan dengan bisnis kuliner online Anda.

Bersikap Ramah pada Pembeli

Pelayanan yang ramah dan memuaskan sangatlah penting untuk membuat pelanggan betah memilih toko online kita, untuk membeli makanan atau minuman. Karena dilakukan secara online, maka pastikan Anda telah membalas pesan dari pelanggan dengan cepat, jelas dan ramah. Apalagi saat Anda mengantarkan pesanan, maka ucapkan terima kasih dengan senyuman tulus.

Kelima tips di atas bisa membantu Anda untuk membuat bisnis kuliner semakin laris manis. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat memang tidak mudah untuk memikat hati pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus agar bisnis kuliner online yang dijalankan mendapatkan hati di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s