Kategori
Tips

Masih Awam di Dunia Bisnis Kuliner? Lakukan Strategi Ini

Banyak orang yang semakin tergiur dengan keuntungan dari bisnis kuliner sekarang ini, apalagi bisnis yang dilakukan secara online. Meski terlihat mudah, tapi ada banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis yang satu ini, terutama bagi Anda yang masih awam. Strategi berikut ini bisa dijadikan langkah awal yang baik.

Niat yang Sungguh-Sungguh

Tidak semua penjual makanan atau minuman berhasil hingga mendapatkan kesuksesan. Banyak juga di antara mereka yang menyerah dan berputus asa karena menghadapi berbagai rintangan saat menjalankan usaha kuliner ini. Jika Anda tidak memiliki jiwa pebisnis, mungkin Anda akan menjadi salah satu di antara mereka yang menyerah dan berputus asa.

Modal awal yang harus Anda miliki adalah niat yang sungguh-sungguh. Dengan niat ini, Anda akan lebih fokus, komitmen dan berusaha lebih agar usaha yang dijalankan bisa berkembang dan maju. Untuk bisa sukses tentu tidaklah sebentar. Diperlukan perjalanan yang panjang untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis kuliner.

Tentukan Kuliner yang Akan Dijual

Sekarang ini, semakin banyak inovasi dan kreasi kuliner yang bisa Anda temukan. Jika tidak memiliki ciri khas tersendiri, maka usaha kuliner Anda tidak akan berkembang. Sebelum membuat kreasi, tentu Anda harus menentukan terlebih dahulu menu atau jenis kuliner seperti apa yang ingin Anda sajikan kepada pembeli nantinya.

Ada banyak jenis kuliner yang bisa dipilih, seperti seafood, vegetarian, daging, mie, makanan tradisional, makanan ala India, Eropa dan lain sebagainya. Anda bisa menemukan jenis kuliner yang tepat dengan melakukan survei kepada masyarakat umum. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana trend kuliner saat ini. Barulah kemudian memikirkan kreasi yang harus dilakukan.

Buat Toko Online atau Website

Jika Anda ingin menjalankan bisnis kuliner ini secara online, maka Anda wajib memiliki toko online, seperti website, aplikasi atau memanfaatkan media sosial. Toko online ini berguna sebagai lapak untuk Anda menjual makanan dan minuman. Pastikan Anda menyertakan foto-foto yang menarik dan menggugah selera.

Apabila Anda tidak memiliki modal yang lebih, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan media sosial yang bisa diakses secara gratis. Anda bisa membuat sendiri akun media sosial, khusus untuk usaha kuliner yang sedang Anda jalankan. Media sosial yang sedang diminati oleh banyak orang adalah Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Lakukan Promosi secara Online

Bagi orang yang masih awam di bidang ini, tentu belum banyak yang tahu mengenai produk kuliner kita. Oleh karena itu, promosi sangat penting dilakukan untuk membangun brand dan mendapatkan perhatian masyarakat. Karena jualan dilakukan secara online, maka Anda juga bisa melakukan promosi secara online agar lebih mudah dan murah.

Anda bahkan bisa memanfaatkan media sosial pribadi untuk mempromosikan bisnis kuliner yang sedang Anda jalankan. Jangan lupa untuk memberikan diskon atau promo di awal buka. Biarkan pembeli mencicipi kelezatan kuliner yang Anda jual dengan harga yang lebih murah. Apabila mereka suka dengan kuliner tersebut, maka akan semakin banyak pembeli yang berdatangan.

Temukan Mentor yang Tepat

Tidak mudah menjalankan bisnis yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, termasuk dalam bidang kuliner. Untuk mendapatkan cara dan strategi terbaik, maka Anda harus menemukan mentor yang tepat. Membangun relasi dengan sesama pebisnis tidak akan membuat Anda merugi, justru Anda akan mendapatkan banyak manfaat.

Kelima tips di atas bisa menjadi strategi terbaik bagi Anda yang masih awam di bidang kuliner. Banyak hal yang harus dipersiapkan, bukan hanya masalah jualan, tapi juga mental kita untuk masuk ke dalam persaingan bisnis yang ketat. Apabila semua sudah dipersiapkan, maka bisnis kuliner akan menjadi lebih seru dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s