Kategori
Operasional Sales & Marketing Tips

Strategi Jitu dalam Mengelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan

Bisnis kuliner pinggir jalan bisa menjadi pilihan karena mampu mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Bisnis kuliner memang semakin diminati dengan semakin banyaknya inovasi dan kreasi kuliner yang menggugah selera. Kuliner pinggir jalan juga memiliki penggemar tersendiri yang membuat bisnis ini terus maju dan berkembang. Anda pun bisa membangun bisnis makanan di pinggir jalan.

Meski begitu, ada banyak hal yang harus diperhatikan karena semakin hari persaingan bisnis kuliner semakin ketat. Apalagi dengan semakin sulit dan mahalnya lokasi tepi jalan yang sebenarnya bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan. Berikut ini ada strategi jitu yang bisa Anda lakukan ketika ingin membangun dan mengelola bisnis kuliner di pinggir jalan.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Tidak semua lokasi pinggir jalan bisa mendatangkan banyak keuntungan dalam menjual kuliner. Pilihlah lokasi yang ramai pengunjung, pejalan kaki atau pengendara, sesuai dengan target pasar yang Anda tuju. Misalnya, target pasar Anda adalah mahasiswa, maka pilihlah tepi jalan yang berada di sekitar kampus atau kost. Berbeda lagi jika target pasar Anda adalah pekerja pabrik atau kantor.

Sebelum memilih lokasi bisnis kuliner pinggir jalan ini, pastikan Anda sudah mengetahui harga sewa di tepi jalan tersebut. Beberapa lokasi mungkin tidak membutuhkan biaya sewa, tapi cukup izin untuk berjualan, tapi ada juga tepi jalan yang mengharuskan Anda membayar biaya sewa. Jadi, persiapkan modal yang dibutuhkan untuk membayarnya.

Harga Jajanan Terjangkau

Kuliner pinggir jalan memang mampu memikat selera banyak orang karena strategis dan mudah ditemukan. Namun, jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dibanding harga pada umumnya, maka bisa membuat pembeli merasa kapok dan enggan untuk berkunjung lagi ke tempat makan Anda. Oleh karena itu, perhatikan daftar harga yang Anda sediakan.

Sebelum menentukan harga, pastikan Anda melakukan survey harga terlebih dahulu di pasaran. Sesuaikan juga dengan modal yang Anda keluarkan. Untuk memikat hati pembeli, jangan mengharapkan untung yang melimpah terlebih dahulu. Tidak masalah jika untung kecil, tapi dikalikan banyak karena banyak pelanggan yang percaya pada bisnis kuliner pinggir jalan milik Anda.

Cita Rasa yang Tidak Mengecewakan

Bukan hanya harga yang bisa membuat pembeli merasa kapok berkunjung ke tempat makan Anda, melainkan cita rasa yang disajikan. Percuma jika masakan dijual dengan harga murah, tapi rasanya tidak enak. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa makanan dan minuman yang Anda sajikan memiliki cita rasa yang nikmat dan menggugah selera.

Apabila Anda berhasil menghadirkan menu makanan yang lezat, maka Anda akan mendapatkan pelanggan setiap. Lokasi yang berada di pinggir jalan memudahkan Anda untuk mendapatkan pembeli pertama. Apabila mereka puas dengan cita rasa yang disajikan, maka mereka akan kembali lagi ke tempat bisnis kuliner pinggir jalan yang Anda miliki.

Kenyamanan dan Pelayanan

Selain itu, kenyamanan dan pelayanan yang terbaik harus turut Anda berikan untuk membuat pembeli merasa betah menyantap makanan di tempat. Pastikan tempat Anda memiliki kebersihan yang terjaga, rapi dan wangi. Anda juga harus lebih ramah dengan menebarkan senyum dan salam kepada pembeli yang datang. Dengan begitu, mereka akan merasa senang.

Keempat tips di atas bisa menjadi strategi jitu untuk mengembangkan bisnis kuliner di pinggir jalan. Tidak mudah memang mengelola bisnis kuliner di tengah persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa melakukan inovasi dan kreasi terhadap berbagai aspek pada bisnis kuliner pinggir jalan milik Anda, seperti rasa, tampilan dan pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s