Kategori
Keuangan

Strategi Menangkal Cash Flow Negatif Bisnis Kuliner

Cash flow pada dasarnya terbagi menjadi 2, yaitu cash flow positif dan negatif. Cash flow positif adalah masuknya dana atau uang ke dalam perusahaan, sedangkan cash flow negatif adalah keluarnya uang dari perusahaan. Keduanya merupakan hal yang tidak bisa dihilangkan, namun bisa dikendalikan.

Cash flow negatif bisa terjadi karena adanya kebutuhan perusahaan untuk melakukan usaha seperti pembelian bahan baku, biaya pegawai, sampai biaya overhead pabrik. Tidak jarang beberapa pengusaha tidak mampu mengendalikan cash flow sehingga aliran kas yang masuk lebih kecil dibanding kas keluar.

Meminimalkan Cash Flow Negatif

Cash flow yang negatif yang terlalu besar tentu akan mengurangi profit karena akan dihitung sebagai beban perusahaan atau bisnis. Maka dari itu, Kamu harus bisa meminimalkan arus tersebut, namun masih dalam batas wajar dan tidak mengurangi citra atau kualitas bisnis Kamu. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu lakukan.

Memperbaiki Alokasi Pribadi

Alokasi pribadi yang dimaksud disini adalah penggunaan dana yang kamu lakukan. Kamu harus bisa memilih mana yang memang merupakan kebutuhanmu dan mana yang bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Dengan begitu Kamu bisa meminimalkan pengambilan keuntungan dari bisnismu, karena pengambilan tersebut akan dianggap beban usaha.

Hindari Pinjaman

Pinjaman merupakan hal yang menarik, namun harus Kamu hindari sebisa mungkin. Biasanya pinjaman memiliki bunga yang harus dibayarkan, sehingga akan menimbulkan beban baru yang artinya akan ada uang lebih yang keluar dari usaha Kamu untuk membayar bunga. Padahal jika Kamu tidak melakukan pinjaman hal tersebut tidak akan terjadi.

Tingkatkan Mutu

Bisa jadi cash flow tersebut negatif karena mutu produk yang masih kurang bagus di mata pelanggan. Hal ini tentu berbahaya dan harus segera diperbaiki. Dengan meningkatnya mutu, maka penjualan juga akan meningkat begitupun dengan pendapatan. Cash flow akan berjalan lancar dan risiko rugi akan menurun.

Lakukan Pencatatan

Pencatatan adalah hal yang wajib dilakukan, karena dengan adanya pencatatan Kamu bisa memantau aliran kas di dalam bisnis yang kamu jalani. Kamu bisa secara langsung memperhatikan kas yang masuk dan kas keluar. Jika terjadi aliran kas yang dirasa akan membahayakan profit, Kamu bisa segera melakukan tindakan dan menjaga cash flow.

Dalam dunia bisnis kuliner memang ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan bisnis tersebut. Salah satunya dengan menjaga cash flow agar selalu dalam kondisi baik. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa cara atau strategi untuk menghindari cash flow negatif yang merugikan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s