Kategori
Sales & Marketing Tips

Laris Manis! Inilah Tips Bisnis Kuliner Online untuk Anda

Bisnis kuliner online semakin diminati karena memberikan lebih banyak keuntungan, dibanding bisnis yang dijalankan secara offline. Salah satu keuntungannya adalah tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat. Namun, Anda harus memiliki strategi khusus, agar jualan laris manis dan mendapatkan banyak pelanggan. Berikut tips bisnis kuliner secara kuliner untuk Anda.

Sering-sering Melakukan Promosi

Promosi menjadi bagian penting dalam setiap bisnis online, terutama kuliner. Tanpa adanya promosi, bagaimana orang-orang bisa mengetahui makanan atau minuman yang kita jual? Tidak adanya outlet atau tempat berjualan membuat Anda harus lebih giat dalam melakukan promosi, meskipun itu hanya promosi dari mulut ke mulut.

Pada dasarnya, ada metode promosi secara gratis dan berbayar. Tidak ada salahnya jika Anda memilih keduanya agar lebih maksimal. Anda bisa memanfaatkan media sosial pribadi atau membuat media sosial khusus untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi berbayar di media sosial, agar bisnis kuliner online Anda terlihat lebih terpercaya.

Rutin Melakukan Endorsement

Sekarang ini, keberadaan influencer atau selebgram sangat berpengaruh terhadap penjualan. Seorang influencer atau selebgram, mereka memiliki followers yang jumlahnya sudah banyak. Pilihlah influencer atau selebgram dengan kredibilitas yang bagus. Hal ini tidak terlihat dari komentar pada setiap postingan-nya. Sesuaikan juga dengan target pasar yang Anda tuju.

Misalnya, Anda mempromosikan kuliner kekinian, maka pilihlah influencer atau selebgram yang masih muda. Untuk bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram ini, tentu saja Anda harus merogoh kocek, mulai dari yang terjangkau hingga cukup mahal. Jangan ragu untuk bertanya masalah bayaran di awal, agar tidak terjadi masalah nantinya.

Coba Ikut Bazar atau Festival

Jika di tempat Anda sering diadakan bazar atau festival khusus makanan, jangan ragu untuk mengikutinya. Cara ini bisa berguna untuk mempromosikan kuliner yang Anda jual. Biasanya, banyak orang yang akan hadir pada bazar atau festival tersebut dan Anda bisa memanfaatkan momen tersebut, untuk memperkenalkan makanan atau minuman yang Anda jual.

Namun, Anda juga harus memperhitungkan biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk bisa menjadi salah satu bagian dari bazar atau festival tersebut, maka dikenakan biaya registrasi. Jika memang Anda memiliki modal untuk itu, maka bazar atau festival bisa menjadi langkah yang cerdas untuk mengembangkan bisnis kuliner online Anda.

Aktif di Media Sosial

Bisnis online memang tidak memiliki outlet atau tempat berjualan secara offline, tapi Anda bisa menjadikan media sosial sebagai lapak Anda untuk berjualan. Selain murah, Anda juga bisa mendapatkan target pasar yang lebih luas. Anda bisa membuatkan media sosial khusus untuk bisnis kuliner Anda, seperti instagram, facebook atau media sosial lainnya.

Setelah memiliki media sosial, Anda juga harus aktif menjalankan media sosial tersebut, agar nantinya mendapatkan lebih banyak minat dari pembeli. Paling tidak setiap hari Anda harus melakukan update atau posting sesuatu, seperti diskon, promo, menu terbaru, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memposting konten yang berkaitan dengan bisnis kuliner online Anda.

Bersikap Ramah pada Pembeli

Pelayanan yang ramah dan memuaskan sangatlah penting untuk membuat pelanggan betah memilih toko online kita, untuk membeli makanan atau minuman. Karena dilakukan secara online, maka pastikan Anda telah membalas pesan dari pelanggan dengan cepat, jelas dan ramah. Apalagi saat Anda mengantarkan pesanan, maka ucapkan terima kasih dengan senyuman tulus.

Kelima tips di atas bisa membantu Anda untuk membuat bisnis kuliner semakin laris manis. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat memang tidak mudah untuk memikat hati pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus agar bisnis kuliner online yang dijalankan mendapatkan hati di masyarakat.

Kategori
Tips

Inilah 5 Bisnis Kuliner dengan Modal Minim, tapi Menjanjikan

Bisnis kuliner dengan modal minim bisa jadi pilihan bagi Anda yang baru mengawali usaha ini. Modal menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki ketika Anda ingin membangun suatu bisnis, termasuk bisnis kuliner. Meskipun modal kecil, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan untung yang maksimal. Berikut kuliner yang bisa dipilih:

Membuka Usaha Angkringan

Angkringan sering kali menjadi sasaran bagi para pembeli yang ingin mendapatkan harga murah. Kuliner yang dijual di angkringan biasanya memang memiliki harga yang lebih terjangkau, karena memang modal yang dikeluarkan juga tidak banyak. Tidak ada salahnya Anda memilih bisnis angkringan. Selain modal kecil, bisnis ini juga sangat diminati.

Anda bisa memulai bisnis kuliner dengan modal minim pada awalnya. Pilihlah menu yang sekiranya banyak dicari, seperti berbagai menu tusukan, nasi kucing, hingga minuman jahe. Menu seperti ini bisa Anda sediakan dengan modal yang sedikit. Apabila Anda sudah mendapatkan untung, maka Anda bisa memperbanyak menu agar lebih lengkap.

Jualan Gorengan di Rumah

Gorengan menjadi camilan yang cocok untuk berbagai kondisi, seperti pagi hari saat bersantai, saat musim dingin, setelah berenang, setelah kerja bakti, atau sebagai teman saat makan nasi. Rasa yang gurih dan hangat membuat banyak orang sangat mencintai gorengan, mulai dari bakwan, tempe, tahu, pisang goreng, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menjual gorengan, maka bahan yang dibutuhkan adalah tepung, minyak goreng, bawang, sayuran, garam, cabai dan lain-lain tergantung dengan jenis gorengan yang ingin Anda jual. Selain itu, Anda bisa menjual gorengan ini di depan rumah sehingga tidak perlu menyewa tempat. Dengan begitu, bisnis kuliner dengan modal minim bisa dilakukan.

Jajanan Pasar Tradisional

Meskipun sekarang semakin banyak makanan modern yang bisa kita jumpai, tapi masih banyak pula makanan tradisional yang bertahan hingga sekarang. Bahkan, dengan berbagai kreasi yang dibuat membuat makanan tradisional semakin lezat dan menarik, tak kalah dengan makanan modern.

Bisnis kuliner dengan modal minim ini bisa Anda lakukan di pasar, dekat kampus, di tepi jalan raya, di rumah atau menjualnya secara online. Jajanan pasar juga dikenal sebagai jajanan yang murah meriah. Itulah mengapa masih banyak orang yang menyukai jajanan pasar ini, seperti klepon, serabi, arem-arem dan lainnya.

Bubur Ayam untuk Sarapan

Bubur ayam memang paling lezat untuk sarapan. Bubur ayam akan semakin laris saat hari libur di mana banyak orang yang tidak masak dan memilih untuk jajan. Cara pembuatan yang mudah dan sederhana membuat siapa saja bisa membuka bisnis bubur ayam, termasuk Anda. Selain itu, Anda bisa berjualan di depan rumah atau menyewa tempat.

Untuk membuka bisnis ini, tidak diperlukan modal yang banyak, sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Jangan lupa untuk melakukan promosi dari mulut ke mulut atau media sosial, agar semakin banyak orang yang berkunjung. Sediakan pula tempat duduk atau tikar apabila ada pembeli yang ingin makan di tempat.

Gado-Gado untuk Makan Siang

Jika Anda ingin fokus pada bisnis kuliner untuk makan siang, maka Anda bisa memilih gado-gado. Anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli sayuran, bahan sambal kacang, kerupuk dan pembungkus. Jadi, dengan modal minim pun Anda sudah bisa membuka bisnis kuliner gado-gado untuk makan siang.

Kelima jenis kuliner di atas bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin membangun bisnis kuliner tapi budget terbatas. Modal memang menjadi bagian penting dalam membangun bisnis, tapi kita sebenarnya bisa mengatasinya dengan perencanaan yang tepat. Dengan begitu, bisnis kuliner dengan modal minim bisa mendatangkan untung besar.

Kategori
Sales & Marketing Tips

Inilah 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Daerah

Saat ini, bisnis kuliner daerah sedang populer karena memiliki banyak penggemar. Meskipun banyak makanan modern yang berdatangan, tapi dengan inovasi dan kreasi, makanan daerah atau tradisional pun tak pernah lekang oleh waktu. Tentu saja, tidak mudah untuk menjalankan bisnis kuliner ini di tengah persaingan yang ketat dan berikut tips-nya.

Maksimalkan Manfaat Promosi

Promosi sangat penting untuk mendapatkan perhatian dari para pembeli. Dengan promosi, maka kita bisa mengenalkan makanan apa saja yang kita sajikan beserta kelebihannya. Meskipun bisnis sudah berjalan lama, tetap saja promosi dibutuhkan. Banyak metode promosi yang bisa dipilih, seperti media sosial, brosur, iklan di TV, radio dan lainnya.

Pemilihan metode promosi ini harus disesuaikan dengan budget yang ada. Promosi paling murah adalah dari mulut ke mulut. Anda bisa memanfaatkan relasi untuk berpromosi. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menarik perhatian pembeli masa kini. Dengan media sosial, Anda bisa menjalankan bisnis kuliner daerah dengan lebih modern.

Pertahankan Ciri Khas

Makanan tradisional atau daerah memiliki ciri khas yang bisa dijadikan daya tarik tersendiri. Jika Anda menjalankan bisnis kuliner tradisional ini, maka Anda juga harus mempertahankan ciri khas yang dimilikinya. Dengan begitu, sensasi makan makanan tradisional masih bisa dirasakan oleh pembeli, karena inilah yang menjadi kelebihan dari makanan tradisional.

Misalnya saja, Anda ingin menjual kue klepon. Ciri khas kue ini adalah memiliki isian gula jawa di bagian dalamnya. Anda pun harus mempertahankan adanya isian di dalam kue klepon. Hanya saja, Anda bisa mengkreasikannya dengan mengganti isiannya, menjadi keju, cokelat, bumbu rujak dan lain sebagainya.

Minta Masukan dari Pelanggan

Selera dan minat pelanggan sangat penting untuk diperhatikan jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan setia. Namun, seiring berjalannya waktu, minat pelanggan mungkin bisa berubah dan Anda pun harus bisa memenuhi trend. Sehingga Anda bisa menyesuaikan menu masakan, pelayanan dan hal lain dengan selera pelanggan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda meminta masukan dari pelanggan secara berkala, misalnya seminggu sekali, sebulan sekali atau jangka waktu lain sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari bisnis kuliner daerah yang sedang Anda jalankan.

Ramah terhadap Pembeli

Makanan yang lezat dan harga yang murah mungkin bisa menarik minat pembeli. Tapi, pelayanan yang ramah bisa membuat pembeli menjadi pelanggan setiap. Posisikan pembeli sebagai raja di mana Anda harus memberikan pelayanan terbaik dan ramah, agar pembeli merasa nyaman ketika membeli makanan yang kita jual.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memberikan pelayanan dengan senyuman yang tulus. Jangan lupa untuk selalu menebar senyum ketika Anda berhadapan dengan pembeli. Jangan ragu untuk menyambut kedatangan pembeli dan mengucapkan terima kasih atas kedatangannya. Dengan begitu, bisnis kuliner daerah yang Anda jalankan akan mendapatkan banyak pembeli hingga pelanggan setia.

Menjaga Kebersihan

Bagi Anda yang memiliki outlet atau tempat berjualan makanan khas daerah, maka pastikan tempat tersebut memiliki kebersihan yang terjaga, rapi dan wangi. Tempat yang nyaman akan membuat pembeli merasa betah berlama-lama di tempat Anda. Anda bisa bersih-bersih sebelum para pembeli datang atau selagi ada waktu luang agar kebersihan selalu terjaga.

Kelima tips di atas bisa Anda lakukan untuk terus bertahan di tengah persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat. Sebagai pelaku bisnis kuliner trandisional, Anda harus terus berinovasi dan berkreasi untuk memikat minat pembeli dan bisnis kuliner daerah bisa lebih berkembang dan maju.

Kategori
Legalitas Sales & Marketing Tips

Ingin Memulai Bisnis Makanan? Berikut 5 Tips untuk Anda

Sebagai pemula, tentu tidak mudah bagi Anda untuk memulai bisnis makanan di tengah persaingan yang semakin ketat. Dunia kuliner memang terus berkembang dengan berbagai kreasi menu sampai sajiannya, sehingga menarik banyak pembeli. Jika Anda masih bingung dari mana harus memulai bisnis kuliner, maka bisa mengikuti lima tips ini.

Riset Pasar dalam Berbisnis

Riset pasar sangat penting untuk dilakukan ketika Anda ingin memulai bisnis, termasuk bisnis kuliner. Minat pasar bisa berubah sewaktu-waktu. Apabila kita ingin menarik minat pasar, maka kita harus tahu trend kuliner seperti apa yang sedang disukai oleh pasar. Dengan begitu, bisnis kuliner akan terus bertahan, meskipun banyak pesaing berdatangan.

Misalnya saja, Anda membuat kuesioner yang berisi minat pasar terhadap cita rasa makanan, penyajian, harga dan lain sebagainya. Hasilnya akan lebih valid jika Anda memberikan kuesioner tersebut pada target pasar Anda, misalnya mahasiswa, pekerja pabrik, kantoran atau lainnya. Jangan lupa untuk memberikan imbalan agar mereka bersedia meluangkan waktu mengisi kuesioner tersebut.

Mempertimbangkan Hal-hal Kecil

Bukan hanya hal-hal besar yang harus diperhatikan ketika memulai bisnis makanan. Banyak hal memang yang harus dipertimbangkan ketika memulai sesuatu, apalagi bisnis. Membuat makanan sesuai minat pasar mungkin memang baik, tapi kita juga harus memperhatikan kesenangan hati ketika membuatnya. Bagaimana makanan bisa enak, jika kita yang membuatnya saja tidak suka.

Selain masalah kesenangan, Anda juga harus memperhatikan di mana akan menjual makanan tersebut, apakah secara online, menyewa tempat, di rumah atau food truck yang sedang nge-hits. Vendor penyedia bahan makanan juga harus dipertimbangkan dengan baik, agar makanan yang kita sajikan memiliki kualitas terbaik.

Membuat Rencana Bisnis

Rencana memang menjadi hal yang penting sebelum memulai bisnis makanan. Anda harus membuat perencanaan yang matang hingga planning B, antisipasi jika ada rintangan yang datang dan lain sebagainya. Perencanaan tersebut bisa berisi eksperimen makanan, mencari lokasi untuk berjualan, membangun cafe, hingga promosi yang harus dilakukan.

Dalam membuat rencana ini, ada baiknya jika Anda juga harus mempertimbangkan rencana B karena dalam bisnis tidak ada yang mulus. Pasti ada rintangan yang datang, misalnya harga sewa lokasi yang mahal, maka ada baiknya jika Anda menjual di rumah terlebih dahulu. Apabila jualan dilakukan di rumah, maka promosi harus lebih gencar dan lain sebagainya.

Membuat Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran

Selain perencanaan kegiatan yang harus dilakukan, pembuatan anggaran juga penting untuk memulai bisnis makanan. Pertama, pastikan terlebih dahulu dari mana pemasukan bisnis berasal, seperti gaji bulanan, pinjaman, kredit, dan lain sebagainya. Baru setelah itu, Anda bisa menuliskan pengeluaran apa saja yang diperlukan.

Biasanya, pengeluaran ini digunakan untuk membeli bahan makanan, peralatan, promosi, sewa tempat dan lain sebagainya. Penting bagi Anda untuk memastikan pengeluaran dengan melakukan survei harga di internet. Untuk lebih akuratnya, Anda bisa mencari informasi harga dari toko atau vendor yang akan mengurus ketersediaan bahan makanan.

Menu Masakan yang Disajikan

Apabila semua sudah siap, maka saatnya Anda membuat makanan yang akan dijual. Untuk awal, tidak ada salahnya jika Anda memberikan makanan tersebut pada kerabat dan orang-orang sekitar untuk mencicipi. Apabila sudah enak, mereka pasti ingin membeli dan merekomendasikannya pada orang lain. Selain itu, Anda juga bisa memperbaiki apa yang masih kurang dari masakan tersebut.

Kelima tips di atas bisa menjadi langkah awal bagi Anda untuk memiliki bisnis makanan sesuai dengan kemampuan. Sebagai awal, tidak perlu menyajikan banyak makanan terlebih dahulu. Sistem PO (pre-order) bisa menjadi jika Anda tidak memiliki banyak modal. Dengan begitu, memulai bisnis makanan akan terasa lebih mudah.

Kategori
Operasional Tips

8 Tahap Membangun Bisnis Kuliner yang Wajib Anda Tahu

Membangun bisnis kuliner tidaklah semudah yang kita bayangkan. Apalagi dengan persaingan bisnis yang semakin ketat membuat kita harus berpikir lebih kreatif, agar bisnis kuliner yang dibangun memiliki ciri khas dan keunggulan dibanding bisnis kuliner orang lain. Bagi Anda yang masih pemula di bidang ini, Anda harus tahu tahapan apa saja yang harus dilalui.

Tentukan Segmen Pasar

Penting bagi kita untuk menentukan target pasar dalam bisnis kuliner ini. Misalnya saja, pelajar, pekerja kantoran, ibu rumah tangga atau target lainnya. Segmen pasar ini nantinya akan menentukan menu seperti apa yang memiliki prospek bagus, berapa harga yang sesuai dengan segmen pasar dan pemilihan lokasi. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki segmen pasar yang dituju.

Berkreasi terhadap Menu Makanan

Sekarang ini, sudah banyak bisnis kuliner yang bisa kita jumpai. Untuk menarik hati pembeli, menu makanan yang kita jual harus memiliki keunikan tersendiri. Anda bisa berkreasi dengan rasa, bentuk, plating, warna makanan dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya Anda melakukan eksperimen terlebih dahulu sebelum membangun bisnis kuliner yang sukses.

Pertimbangkan Lokasi Bisnis

Pemilihan lokasi sangat penting untuk kemajuan bisnis kuliner. Apabila Anda baru membuka bisnis ini, maka pilihlah lokasi yang strategis dan sesuai dengan target pasar. Apabila target pasar Anda adalah mahasiswa, maka pilihlah lokasi yang berdekatan dengan kampus atau kost pelajar. Biaya sewa juga harus Anda perhatikan, karena lokasi yang strategis biasanya lebih mahal.

Bangun Relasi Bisnis dan Vendor

Membangun bisnis kuliner seorang diri akan lebih berat, sehingga disarankan bagi Anda untuk mencari relasi yang memiliki visi dan misi yang sama dalam bisnis kuliner. Menentukan vendor dalam bisnis kuliner juga sangat penting untuk ketersediaan bahan makanan. Misalnya, Anda menjual steak, maka paling tidak Anda memiliki vendor yang menyediakan daging ayam, daging sapi dan lainnya.

Ketahui Sumber Pemasukan

Sebelum membuat suatu bisnis, penting bagi Anda memisahkan uang antara uang untuk keperluan bisnis dengan uang pribadi. Anda harus tahu sumber pemasukan dalam bisnis ini sebagai perhitungan anggaran untuk setiap keperluan dalam bisnis. Misalnya, Anda mendapatkan pemasukan dari tabungan pribadi, pinjaman, menjual aset atau lainnya.

Ajukan Izin Usaha

Jangan lupa untuk mengajukan izin usaha karena kita tidak bisa sembarangan membuka usaha di suatu tempat. Paling tidak Anda harus izin dari RT atau RW setempat yang lebih mengenal daerah tersebut. Jika Anda sudah mendapatkan izin, maka membangun bisnis akan lebih mudah dan tidak ada halangan dalam hal perizinan nantinya.

Buat Rencana Bisnis Kuliner

Perencanaan sangat penting untuk membangun bisnis kuliner. Oleh karena itu, Anda harus merencanakan bagaimana cara promosi, manajemen keuangan, cara penyajian, dan hal-hal lain terkait perkembangan bisnis kuliner ini. Jika Anda masih bingung, tidak ada salahnya mencari orang yang lebih paham atau sudah pernah menjalankan tahapan ini sebelum membangun usaha kuliner.

Ketahui Pengeluaran dalam Bisnis

Selain mengetahui pemasukan, Anda juga harus mengetahui pengeluaran apa saja yang sekiranya Anda butuhkan. Misalnya, untuk pembayaran sewa tempat, pembelian alat dan bahan, promosi, dan lain sebagainya. Pastikan Anda telah memperhitungkan pengeluaran tersebut dengan baik agar sesuai dengan pemasukan. Survei harga sangat penting untuk mengetahui pengeluaran Anda dalam bisnis kuliner. Apabila Anda melakukan 8 tahapan membangun usaha kuliner di atas dengan sungguh-sungguh dan penuh perhitungan, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan minat pasar dan keuntungan. Sebagai pemula, sudah seharusnya Anda mencari banyak referensi yang sesuai dengan visi misi membangun bisnis kuliner.

Kategori
Tips

Ingin Bisnis Kuliner? Kreasi Kuliner Ini Bisa Jadi Pilihan

Kreasi kuliner kekinian bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner. Sekarang ini, semakin banyak orang yang ingin membuka bisnis kuliner, karena minat pasar yang begitu tinggi dan keuntungan yang melimpah. Hanya saja, persaingan yang ketat di bisnis kuliner membuat Anda harus lebih kreatif dalam menentukan menu.

Roti Bakar Kreasi Menarik

Sebenarnya, kuliner roti bakar sudah ada sejak dulu. Roti bakar cukup diminati karena harganya yang relatif murah dan memiliki cita rasa yang lezat. Meskipun sudah banyak pekau bisnis roti bakar ini, tidak ada salahnya jika Anda juga ikut bergabung dalam persaingan bisnis roti bakar. Tapi, pastikan Anda memiliki keunikan dibanding roti bakar lainnya.

Banyak inovasi yang bisa dilakukan agar roti bakar yang Anda jual lebih menarik dan memiliki keunggulan, seperti memberikan isian chocolate bar, jagung dan susu, premium chocolate dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat plating-nya lebih menarik, dengan menambahkan bendera, membuat bentuk roti yang unik maka kreasi kuliner Anda akan semakin diminati.

Variasi Mie Instan

Meskipun terkesan sederhana, mi instan memiliki banyak penggemar. Apabila Anda memasuki pasar kuliner ini, Anda juga berpeluang untuk mendapatkan banyak pembeli. Tapi, menyuguhkan mi instan seperti biasa akan membuat bisnis Anda tidak begitu diminati. Apa bedanya dengan membuat sendiri mi di rumah?

Oleh sebab itu, Anda harus membuat kreasi kuliner yang berbeda dengan tempat lainnya. Anda bisa menambahkan daging rendang, sambal matah atau bahan makanan lain agar rasa mie instan juga semakin lezat. Anda juga bisa membuat kreasi pada proses pembuatannya, seperti menggunakan arang, menambahkan keju, sayuran dan bahan lainnya.

Martabak Manis dan Telur

Camilan yang satu ini sering menemani kita saat perut terasa keroncongan. Anda bisa memanfaatkan minat pasar terhadap martabak untuk membuka bisnis kuliner, karena modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Namun, Anda harus pintar-pintar mencari kreasi terhadap martabak yang Anda jual agar berbeda dengan lainnya.

Misalnya saja, Anda membuat martabak dengan ukuran mini yang bisa dimakan hanya dengan sekali lahap, atau justru membuatnya dengan ukuran jumbo untuk 10 porsi. Selain ukuran, Anda juga bisa membuat kreasi rasa dari martabak, seperti menambahkan topping dengan berbagai rasa, durian, kopi, vanila, pisang dan rasa lain yang menarik bagi lidah.

Kue Cubit Modern

Meskipun sebagai makanan tradisional, kue cubit masih memiliki banyak penggemar karena rasanya yang lezat. Tidak ada salahnya jika Anda memilih kue cubit untuk bisnis kuliner karena pembuatannya yang cukup mudah, sederhana dan tidak membutuhkan banyak modal. Cocok bagi Anda yang masih pemula di bidang ini. Jangan lupa untuk menambahkan kreasi agar kue cubit yang Anda jual berbeda dengan kue cubit penjual lainnya. Misalnya, menambahkan pewarna makanan alami, seperti buah naga, daun pandan, wortel dan lain sebagainya sehingga kue cubit terlihat lebih menarik. Kreasi kuliner lainnya juga bisa Anda lakukan terhadap wadah penyajian yang lebih menarik.

Nasi Goreng Kreatif

Nasi goreng memiliki cita rasa khas kuliner Indonesia yang disukai oleh banyak wisatawan asing. Banyaknya pecinta nasi goreng membuat Anda bisa menjadikannya sebagai menu dalam bisnis kuliner. Tambahkan kreasi masakan, seperti menambahkan nugget, keju, ati-ampela dan lainnya. Anda juga bisa membuat plating-nya lebih menarik.

Masih banyak kreasi makanan lainnya yang bisa Anda pilih sebagai menu dalam bisnis kuliner Anda. Persaingan yang ketat membuat kita harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan setiap menu. Jadi, jangan lelah untuk terus mencari kreasi kuliner yang cocok untuk bisnis Anda.

Kategori
Uncategorized

Memulai Usaha Kuliner? Berikut Aplikasi POS Gratis Yang Bisa Kamu Gunakan

Penting sekali mengetahui seberapa besar penjualan menu makanan dan minuman, margin keuntungan dan menu terlaris dari setiap bulannya. Dari data tersebutlah yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan seperti kapankah waktu efektif menjalankan promo? atau kapankah waktu penjualan sedikit supaya bisa menawarkan promo happy hour?

Kali ini Saya mau share aplikasi POS atau Point Of Sales yang gratis. Karena penggunaan aplikasi POS termasuk salah satu bagian kecil untuk mempermudah pencatatan penjualan jika Anda tidak ingin mencatat penjualan secara manual.

Qasir

Qasir adalah aplikasi POS buatan lokal yang cukup baik walau gratis. Kita dapat manambahkan produk, membayar menggunakan pembayaran digital, cetak struk, catat kasbon, dan lain-lain. Untuk pengusaha kuliner yang baru saja memulai terjun di dunia kuliner, versi gratis dari Qasir cukup baik dalam mencatat transaksimu.

Loyverse

Aplikasi POS ini Menambah dan mengubah informasi menu, menambah diskon transaksi, menyimpan pesanan pelanggan sementara. Tidak hanya POS, Loyverse juga memiliki fitur Back Office untuk melihat seluruh laporan transaksi. Loyverse juga memiliki fitur KDS (Kitchen Display System) yang memungkinkan kita untuk memberikan daftar pesanan langsung ke area kitchen tanpa harus mengantar daftar orderan.

Diantara beberapa aplikasi diatas, ada baiknya meluangkan waktu untuk mencoba seluruh aplikasi sebelum memutuskan satu aplikasi yang akan digunakan sebagai sistem usaha kuliner Anda. Karena saat usaha sudah berjalan, Anda harus fokus pada operasional.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share dan subscribe ya. Follow juga media sosial kami untuk mendapatkan info terkini seputar usaha kuliner.

Kategori
Usaha Kopi

Ingin Mulai Bisnis Jualan Kopi Susu? Ini Racikan Umum yang Dapat Anda Gunakan

Jika kita melihat pangsa pasar belakangan ini, produk kopi yang paling banyak dikonsumsi adalah kopi susu. Karena melihat potensi ini, banyak juga kedai kopi yang mulai mengeluarkan menu kopi susu dan mendaftarkan menunya tersebut pada penyedia jasa pengiriman makanan seperti Go-Food dan Grab Food.

Ternyata banyak konsumen juga yang penasaran akan resep yang digunakan pada kopi susu yang mereka konsumsi. Tidak semua kedai memiliki resep yang sama, karena mereka memiliki racikan rahasia masing-masing. Artikel ini akan membantu Anda menemukan resep umum dari kopi susu kekinian ini. Jadi Anda bisa mulai experimen dengan racikan yang Anda inginkan.

Pemilihan Biji Kopi

Jenis kopi yang enak untuk campuran susu adalah kopi dengan karakter rasa yang pahit. Kopi jenis robusta bisa menjadi pilihan Anda untuk ini dan harganyapun murah. Kopi arabika juga bisa nikmat dengan campuran susu apabila telah diroasting pada level medium to dark dan dark. Untuk mencuptakan rasa yang berbeda, campuran arabika dengan robusta juga banyak dipilih di berbagai kedai kopi.

Penyeduhan Kopi

Penyeduhan kopi paling populer untuk menjadi kopi susu yang nikmat adalah diseduh menjadi espresso. Espresso dapat diseduh menggunakan mesin espresso, manual espresso, aeropress yang telah dimodifikasi, serta mokapot. Penyeduhan dengan teknik filterpun juga ada yang menggunakan namun sedikit dari kedai kopi yang menggunakan teknik penyeduhan ini.

Pemilihan Susu

Susu yang digunakanpun bervarian. Beberapa merk yang sering kita jumpai seperti Diamond, Greenfields, Cimory, Indomilk dan lain-lain. Pada umumnya, susu yang digunakan adalah jenis fresh milk dan UHT. Beberapa kedai kopi menggunakan susu kental manis sebagai susu serta pemanis dari kopi itu sendiri.

Pemilihan Pemanis Rasa

Untuk memberikan rasa manis dari kopi susu racikan Anda, Anda bisa gunakan gula putih, gula aren, sirup vanilla dan pemanis lainnya.

Empat poin diatas adalah racikan dasar dari kopi susu yang sudah banyak dijual di banyak kedai kopi. Untuk menemukan cita rasa yang khas dan sesuai dengan lidah Anda, jangan takut untuk bereksperimen dan memiliki rasa yang beda dengan rasa kedai kopi lain. Ingat bahwa jika rasa kopi susu Anda sama dengan kedai kopi lain, apa alasan Customer membeli kopi susu Anda?

Kategori
Sales & Marketing

Ide Promo Penarik Pelanggan untuk Usaha Kulinermu

Siapa yang nggak suka promo? Ya, promo menjadi senjata para pengusaha kuliner untuk memperkenalkan produknya. Pelanggan cenderung melihat promo yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli. Promo yang unik dapat menjadi daya tarik tersendiri agar pelanggan senang. Berikut adalah ide promo yang banyak digunakan dan dapat kamu terapkan di usaha kuliner

Promo Buy 1 Get 1

Promo beli 1 gratis 1 ini adalah promo yang paling umum dan sering kita lihat, namun sangatlah efektif. Promo ini memberikan kesan membeli produk dengan setengah harga. Biasanya kita melihat promo ini saat pembukaan outlet baru

Promo Pada Jam tertentu

Promo ini efektif jika kalian ingin membuat kesan ramai pada outlet Anda. Seperti contoh promo Anda akan berlangsung dari jam 2 hingga jam 4 sore, maka pada saat ini para pelanggan akan berburu mengambil promo dan dapat menjadi pusat perhatian para pengguna jalan

Promo Diskon bundling

Promo Diskon ini dapat mendorong konsumen membeli dengan volume lebih tinggi. Promo ini juga dapat menjadi trik untuk pelanggan mengajak temannya untuk membeli atau istilahnya patungan

Promo Diskon Hari Besar

Pengusaha kuliner biasa memanfaatkan momen penting untuk melakukan promo. Kita dapat ambil contoh pada memperingati hari pahlawan di tanggal 10 November, atau pada momen dimana pemilu dilakukan. Di tanggal tersebutlah para pengusaha kuliner memainkan promo.

Promo Ulang Tahun

Promo ini sangatlah eksklusif. Pelanggan dapat mengambil promo ini dengan syarat menunjukkan kartu identitas seperti KTP atau Kartu Pelajar dan mencocokkan tanggal lahir mereka dengan hari ini. Promo ini juga dilakukan pengusaha kuliner untuk memberikan perhatian lebih ke pelanggannya, karena pepatah mengatakan pelanggan adalah raja.

Diskon Nama Pelanggan

Nah ini promo yang sangat jarang namun pernah digunakan oleh brand besar seperti Wingstop. Pengusaha kuliner sebelumnya sudah menyiapkan beberapa nama untuk dijadikan bahan promo. Kemudian promo jenis ini akan berlaku jika nama pelanggan mengandung kata yang sudah disiapkan oleh pengusaha kuliner. Contohnya promo akan berlaku jika nama kamu ‘Nova’ atau ‘Febri’.

Promo Diskon Khusus Member

Promo ini ditujukan untuk pelanggan loyal atau pelanggan yang sering kembali. Biasanya untuk menjadi member, pelanggan diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya registrasi untuk mendapatkan diskon khusus dan memiliki masa waktu. Ada juga beberapa brand yang menawarkan membership gratis. Seperti contoh Fore Coffee yang memberikan diskon khusus pelanggannya jika mendaftar dan memesan melalui aplikasi miliknya.

Promo Ajakan

Tidak semua pengusaha kuliner dapat menerapkan promo ini. Promo ini berlaku biasanya dalam bentuk voucher. Jika pelanggan merekomendasikan suatu kuliner ke temannya, maka pelanggan tersebut mendapat voucher. Hal ini diterapkan oleh Kopi Kenangan pada aplikasi mobile-nya.

Promo Tag Teman di Media Sosial

Promo jenis digital ini sangat populer dan mudah diterapkan. Pengusaha kuliner dapat memberikan syarat pengambilan promo yang mengharuskan pelanggan posting foto makanan/minuman di instagram pribadinya dan tag akun media sosial temannya. Promo ini juga dapat menjadi trik marketing tanpa mengeluarkan biaya.

Nah ada banyak ide promo yang bisa digunakan, tinggal kalian pengusaha kuliner memilih ingin menjalankan promo apa, dimana dan kapan ya. Kalo kalian lebih suka pasang promo yang mana nih? Share juga artikel ini ke teman pengusaha kuliner lainnya agar bermanfaat untuk mereka juga.

Kategori
Teknologi

Kumpulan Platform atau Sistem Digital Untuk Memajukan Usaha Kuliner

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa era digital telah mengubah perilaku konsumen. Walaupun perubahannya begitu pesat, para pengusaha kuliner dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi untuk mendukung usahanya. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi didukung oleh kebutuhan konsumen juga. Oleh karena itu, kalian pengusaha kuliner jangan sampai ketinggalan

Teknologi digital untuk membantu usaha kuliner ini berbentuk platform. Sistem digital yang dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah di pasar. Berikut beberapa Platform yang dapat kalian gunakan berdasarkan fungsinya

Customer Service / Dukungan Pelanggan

Dukungan pelanggan adalah satu hal penting dalam usaha kuliner. Dukungan pelanggan dibutuhkan ketika pelanggan ingin memesan makanan, memberikan keluhan dan saran, memesan tempat, meminta informasi dan lain-lain. Kalian dapat manggunakan WhatsApp untuk dukungan pelanggan berbasis online. Atau untuk dukungan yang lebih formal, kalian bisa menggunakan Email semerti Yahoo, Gmail dan sebagainya

Pendataan Lokasi

Ketika pelanggan ingin datang ke lokasi, namun lokasi usaha kuliner kalian sulit dicari, pendataan lokasi sangatlah dibutuhkan. Kalian bisa menggunakan Google Maps untuk mendaftarkan lokasi usaha Anda agar supaya pelanggan dapat menemukan dengan mudah lokasi usaha kuliner Anda.

Media Sosial

Di era digital ini, hampir seluruh anak muda milenial memiliki media sosial. Media sosial juga dimanfaatkan oleh pengusaha kuliner untuk berinteraksi dengan para pelanggan dan calon pelanggan. Kalian dapat menggunakan Instagram ataupun Facebook untuk hal ini.

Kasir / Point of sales

Tidak hanya usaha kuliner besar, UMKM kulinerpun menggunakan layanan ini untuk mempermudah dalam pencatatan transaksi. Dahulu, pencatatan transaksi dilakukan secara manual. Yaitu dengan menulis pesanan pada kertas bon dimana lembar pertama diberikan ke konsumen dan lembar kedua disimpan untuk administrasi. Kini pencatatan transaksi dapat lebih mudah dengan aplikasi POS. Beberapa aplikasi POS dapat kalian gunakan adalah Moka dan Pawoon.

Kamus Restoran

Mungkin banyak yang belum mendengar istilah kamus restoran ini. Kerja Platform ini adalah untuk menampilkan seluruh informasi restoran kalian. Mulai dari informasi menu, jam buka, informasi fasilitas, foto outlet, informasi lokasi, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan Zomato dan Pergi Kuliner untuk menyediakan informasi usaha kuliner Anda.

Jasa Pengiriman / Pemesanan Online

Tidak semua pelanggan ingin datang ke lokasi untuk mencari makan. Oleh karena itu tim delivery/pengiriman dibutuhkan. Namun jika kalian tidak memiliki tim pengiriman, jangan khawatir karena sudah ada pihak ketiga yang menyediakannya. Kalian dapat menggunakan GoFood dan GrabFood.